Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik SMK Budhi Warman 2 Jakarta Tahun Pelajaran 2022/2023

LDKPD 20221

Pada Minggu ke 3 bulan September, SMK Budhi Warman 2 Jakarta melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik atau LDKPD, yang diperuntukkan kepada para siswa siswi kelas X tepatnya pada hari Jumat tanggal 16 September 2022, sampai dengan hari Sabtu tanggal 17 September 2022.

Kegiatan yang dipelopori oleh OSIS ( Organisasi Siswa Intra Sekolah ) SMK Budhi Warman 2 Jakarta masa bakti 2022/2023 ini berjalan dengan lancar, tanpa adanya halangan ataupun hambatan yang berarti.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong serta memupuk jiwa kepemimpinan siswa yang nantinya akan menciptakan pemimpin yang handal, amanah, bertanggung jawab dan berguna dimasa yang akan datang. LDKPD pada tahun ini dilaksanakan selama 2 hari, dan bertempat di kawasan KOSTRAD Cilodong Depok.

Kegiatan yang diikuti oleh 134 peserta ini masing masing merupakan peserta dari setiap kelas X terdiri atas 77 putra, 57 putri semua jurusan.

Adapun panitianya terdiri atas 23 orang yang merupakan anggota dari pengurus OSIS dan MPK ( Majelis Perwakilan Kelas ) SMK Budhi Warman 2 Jakarta yang kemudian dibagi menjadi beberapa divisi dan koordinator sesuai dengan tugasnya masing masing.

LDKPD 20223

Tak hanya siswa ataupun pengurus OSIS, guru pun turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Total ada 8 guru yang ikut andil bagian, baik itu sebagai guru pendamping maupun sebagai pemateri.

Kegiatan LDKPD ini diawali dengan upacara pembukaan yang berlangsung pada hari Jumat (16/09) di lapangan upacara SMK Budhi Warman 2 Jakarta. Dan selaku pembina upacara adalah kepala sekolah SMK Budhi Warman 2 Jakarta bapak Munjaeni, S.Ag.,MM sekaligus membuka kegiatan LDKPD secara resmi.

Kemudian, kegiatan ini dilanjutkan dengan penerimaan materi dengan pemateri oleh bapak Adi Firmansyah S.Pd, terhadap para peserta dengan judul materi Kepemimpinan. Dalam materi ini para peserta diajarkan mengenai arti, makna, cara bertindak, pola pikir, dan prosedur seputar kepemimpinan.

Selain materi, LDKPD ini juga disertai dengan Outbond atau halang rintang, yang mana pada halang rintang ini para peserta di uji bagaimana pemahaman mareka mengenai kepemimpinan dari materi materi yang diberikan.

Di dalam outbound kali ini, para peserta mempunyai misi untuk menyampaikan sebuah pesan kepada ketua panitia LDKPD, tanpa membocorkan sedikit pun pesan tersebut kepada panitia lain. Apa bila pesan tersebut diketahui oleh panitia lain, maka kelompok tersebut akan dinyatakan gagal dalam menjalankan tugasnya.

LDKPD 20222

Terdiri atas 5 posko, para peserta harus melewatinya sesuai dengan kelompoknya masing-masing, yang mana setiap poskonya diawasi langsung oleh para panitia. Di setiap pemberhentian posko ini para peserta akan diuji pemahamannya mengenai kepemimpinan. Tak jarang ada pula panitia yang mengusili para peserta dengan tujuan agar mereka tahu bahwa dalam menjadi seorang pemimpin akan ada ribuan rintangan dan halangan yang akan mereka hadapi.

Sebelum penutupan, para peserta dikumpulkan untuk diberikan sedikit materi tambahan mengenai  " Public Speaking " oleh Bapak Fahturozi S.Pd, Dalam materi ini para peserta dipacu untuk mempunyai keberanian dan kepercayaan diri dalam menyampaikan sesuatu kepada orang banyak, atau berbicara di depan orang banyak.

Penutupan LDKPD tahun ini dilakukan pada hari Sabtu (17/09) pukul 13.00 WIB. Berbeda dengan upacara pembukaan, upacara penutupan kali ini dilakukan di dalam ruangan " indoor " yang kemudian penutupannya diresmikan oleh Wakil Kesiswaan SMK Budhi Warman 2 Jakarta, Ibu Dede Fitri M,Pd. selaku pembina upacara.

Usia upacara penutupan, para peserta diarahkan untuk melakukan pembersihan terhadap lingkungan komplek KOSTRAD Cilodong. Dan setelah itu, mereka diperbolehkan untuk pulang kerumahnya masing-masing.


Print