Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) TA. 2018 / 2019

bw2Sudah menjadi salah satu agenda rutin sebelum proses belajar mengajar dimulai adalah pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang lebih dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD).

Jika sebelumnya MOS didentikkan dengan kegiatan senioritas, pembulian atau pemberian tugas-tugas yang kurang bermanfaat, maka MPLS sekarang ini hadir dengan bentuk yang berbeda.

Kegiatan MPLS ini diselenggarankan oleh guru bersama dengan siswa, menggunakan seragam dan atribut yang resmi diizinkan oleh sekolah, dilakasanakan selama 3 hari di lingkungan sekolah, dan berisi kegiatan edukatif yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah, mendekatkan siswa baru dengan semua guru dan siswa.

Berikut susunan acaranya :

Hari pertama
– upacara pembukaan tahun ajaran baru
– pengenalan kepala sekolah dan guru guru
– pengenalan nama satu kelas, kakak osis beserta jabatannya
– pemberian tentang cara kepemimpinan oleh guru BK
– informasi tentang larangan yang ada disekolah serta pemberian jadwal KBM
– latihan paskibra
– Game

Hari kedua
– pembukaan acara oleh kepala sekolah
– yel yel dan pembagian kelompok
– Surat cinta ke kakak osis
– Game

Hari ketiga
– upacara penutupan acara masa pengenalan lingkungan sekolah
– perform dari setiap kelas
– penobatan adek kelas oleh kk osis serta penobatan kk osis oleh adek kelas (terjaim, terbaik, ternakal, tercantik, terganteng, tergaul)
– kesan dan pesan dari adek kelas untuk kk osis

Namun walaupun demikian, beberapa ciri khas dari MOS yang unik-unik dan bermanfaat untuk menambah keseruan tetap dipertahankan. Misalnya beberapa games saat break time yang akan dipandu oleh kakak kelas.


Print