SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA 2022

Hits: 120

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, yang setiap tahun kita peringati pada tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada tanggal 27-18 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

 Pada hari JUMAT, 28 Oktober 2022 seluruh warga SMK Budhi Warman 2 Jakarta telah melaksanakan upacara untuk memperingati perjuangan para pemuda untuk menyatukan Indonesia yang pada masa itu masih terbelah. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Munjaeni, S.Ag.,MM. selaku Kepala Sekolah SMK Budhi Warman 2 Jakarta.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 ini mengangkat tema ‘Bersatu Bangun Bangsa’ karena pemuda Indonesia harus maju dalam membangun bangsa dan menaklukan dunia. Kita harus merawat persatuan agar Indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik untuk kedepannya.

Menurut salah satu siswa SMK Budhi Warman 2 Jakarta berpendapat berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda ini, menurutnya para pemuda Indonesia harus sadar pentingnya meningkatkan rasa nasionalisme untuk kepentingan bangsa Indonesia, para pemuda harus bersatu dan berjuang bersama-sama.

Dengan adanya Sumpah Pemuda maka para pemuda kini bisa tahu bahwa kita adalah satu Tanah Air Indonesia, satu Bangsa Indonesia dan menjunjung tinggi bahasa persatuan Indonesia. Karena kesadaran mereka berdampak baik untuk kelangsungan negara ini.

Berikut beberapa cara mudah menerapkan Sumpah Pemuda di zaman milenial.

  1. Stop menyebar berita hoax yang bisa membuat orang lain terpecah belah, artinya Sebagai anak muda yang lebih memahami teknologi, kita harus menjadi garda terdepan dalam menerangi hoax.
  2. Di era demokrasi seperti saat ini, pemuda harus belajar lebih bijak dalam menghadapinya.
    Harus memahami batasan dan hak-hak dalam menegakkan demokrasi.
  3. Bersikap kritis dalam segala hal juga penting. lebih-lebih dalam hal demokrasi.
    Yuk kawal terus pemerintahan kita, berikan saran dan kritik yang membangun. Jangan sampai menghina apalagi menjatuhkan.
  4. Umumnya saat ini, kita selalu berkomunikasi di media sosial. Nah, Anak muda sering kali menggunakan bahasa/istilah bahasa asing yang gaul, tapi jangan lupa Bahasa Indonesia ya..
  5. Serbuan produk luar negri semakin tak terbendung. Importnya barang barang yang menyesuaikan trend semakin banyak, tidak ada salahnya kok. Tapi kita juga harus peduli dengan produk produk dalam negeri
  6. Indonesia terdiri dari banyak suku, ras dan agama. Menjaga toleransi adalah semangat yang harus terus kita wariskan pada generasi generasi pemuda selanjutnya.
Print